Perusahaan riset pasar hebat dalam mengumpulkan intelijen pasar, tetapi mereka memiliki keterbatasan. Fokus utama mereka adalah pada perusahaan besar dan terkenal, dan mereka fokus untuk memberikan statistik dan data yang akurat.
Tetapi bagaimana jika Anda tertarik dengan intelijen pasar yang lebih kualitatif? Bukankah bagus untuk mendapatkan data pemasaran real-time dan tren pasar dari pelanggan Anda sendiri?
Intelijen pasar adalah hal terpenting bagi keberhasilan bisnis apa pun. Personil pemasaran mengumpulkan informasi tentang pasar dan pesaing untuk mengembangkan strategi pengembangan bisnis.
Jika Anda seorang pemula di bidang bisnis, maka mungkin tampak aneh bahwa seorang pengusaha yang serius, bisa dikatakan, tidak tahu lebih banyak tentang riset intelijen pasar. Artikel ini lebih lanjut berbicara tentang jenis informasi dasar yang harus dikumpulkan dan cara untuk memecahkan masalah.
Faktanya, pasar adalah bagian integral dari perusahaan, yang dikelilingi olehnya, dan oleh karena itu penting untuk memantau semua perubahan di lingkungan. Anda tidak dapat melakukan ini secara manual, dan pasar tidak terbatas pada wilayah satu negara bagian atau negara, jadi Anda perlu menggunakan alat yang paling efektif yang tersedia saat ini.
Apa itu Intelijen Pasar?
Intelijen pasar adalah pengumpulan, analisis, dan pelaporan informasi mengenai tindakan, pendapat, kebiasaan, dan pola penggunaan pelanggan potensial. Intelijen pasar adalah bagian penting dari proses menciptakan produk atau layanan yang memenuhi kebutuhan ceruk tertentu. Di pasar yang kompetitif saat ini, perusahaan perlu memahami audiens target mereka jika mereka ingin tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.
Cara Mengumpulkan Intelijen Pasar
Intelijen pasar sangat penting bagi bisnis dari berbagai ukuran untuk tetap berada di puncak permainan mereka. Perusahaan yang lebih besar menggunakan data intelijen pasar untuk membuat keputusan bisnis, sedangkan perusahaan yang lebih kecil masih perlu mengumpulkan intelijen pasar untuk memahami bagaimana pasar berubah dan bagaimana bereaksi.
Terlepas dari apakah Anda adalah perusahaan besar atau kecil, Anda perlu memahami pasar Anda, bagaimana hal itu berubah, dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya. Intelijen pasar adalah dasar dari setiap bisnis yang sukses. Ini adalah kunci untuk pertumbuhan dan perkembangan Anda di masa depan.
Penting untuk melakukannya dengan benar sebelum memulai keputusan bisnis besar apa pun. Ada beberapa cara untuk mengumpulkan intelijen pasar, tetapi yang paling umum adalah:
Data pelanggan
Salah satu cara yang paling diabaikan untuk mengumpulkan intelijen pasar adalah dengan menggunakan data pelanggan Anda. Sangat mudah untuk melupakan bahwa Anda memiliki banyak informasi di ujung jari Anda. Informasi yang Anda kumpulkan saat pelanggan mendaftar, saat mereka melakukan pembelian, dan bahkan saat mereka mengembalikan sesuatu adalah emas.
Ini sering diabaikan, tetapi dapat digunakan untuk menemukan dengan tepat apa yang diinginkan pelanggan Anda, apa yang mereka pikirkan tentang produk dan layanan Anda, dan apa yang akan membuat mereka membeli lagi.
Log penjualan adalah cara paling mudah dan akurat untuk mendapatkan informasi tentang kinerja bisnis Anda. Namun, mereka membutuhkan paling banyak pekerjaan. Log penjualan mengharuskan seseorang untuk mencatat informasi dan pembelian pelanggan secara manual. Log penjualan kemudian perlu dianalisis secara manual. Proses ini bisa memakan waktu lama untuk diselesaikan.